Gatot Cermin

Tutorial, Tips, Informasi, Blogging

Ads Here

Kamis, 04 April 2013

Startup Dan Shutdown Cepat Windows 8 Berbahaya


gatot cermin
Siang kemarin saya bertemu seorang kawan yang sudah pakai Windows 8 lebih dulu daripada saya. Saya bercerita mengenai kesan saya yang luar biasa mengenai kecepatan Windows 8 yang lebih cepat daripada Windows 7 dalam hal startup.

Sekilas, beginilah startup di Windows 8 yang cepat :
+ Booting butuh waktu singkat, hanya beberapa detik, meskipun tanpa SSD/Hybrid
- Pernahkan Anda menyadari bahwa baterai Anda bisa berkurang sendiri dengan selisih yang lebih besar dibanding Windows 7, ketika Notebook dalam keadaan mati (shutdown).

Dia menjelaskan mekanismenya, dan pandangan saya mengenai kecepatan Windows 8 jadi sirna. Karena ternyata, semuanya adalah "tipuan".

Untuk membuktikannya, marilah ikuti cara berikut ini. Selanjutnya, simpulkan sendiri. 

1. Ketikkan "Power" di search. Arahkan ke "Control Panel", sehingga Anda mendapatkan tampilan seperti yang di bawah ini. Setelah itu, pilih "Change what power button do".

gatot cermin

2. Seret ke bawah, perhatikan bahwa "Turn on fast startup" dalam posisi tercawang. Inilah yang membuat startup Windows 8 bisa lebih cepat. Dalam kondisi ini, cawang tersebut saya hilangkan agar PC saya lebih aman. (Penjelasannya ada di nomor 3)

gatot cermin


3. Sebenarnya, apa itu fast startup ? Berdasarkan menu "learn more", penjelasannya adalah sebagai berikut :

gatot cermin

"Fast startup is a setting that helps your PC start up faster after shutdown. Windows does this by saving system info to a file upon shutdown[/B]. When you start your PC again, Windows uses that system info to resume your PC instead of restarting it.[B]
Notes
The fast startup setting doesn’t apply to Restart. You need to shut down and then start your PC again for fast startup to take effect.
• Fast startup is turned on by default in Windows."

Dalam artian, data kita tersimpan dan masih aktif ketika PC di-"Shutdown". Inilah penyebab mengapa ketika Notebook di-ON-kan, startupnya akan lebih cepat. Karena sistem ini tak ubahnya seperti hibernate.

Yang berbahaya adalah, bagaimanakah jadinya apabila PC terputus dari sumberdaya ?
Bagaimana bila baterai notebook dilepas ?

Kalau menurut dia, hal ini bahaya bagi Harddisk, selain karena sistem "Hibernate"nya. Jadi, akan lebih aman bila tanda centang "Turn on fast startup" dihilangkan. Meskipun ini artinya, startup Anda akan menjadi lebih lambat.

Ini membuktikan jika windows 8 , tidak lah secepat yang di katakan oleh mikocok

9 komentar:

  1. Informasi yang menarik untuk di simak dan di praktekkan, kendalanya cuman satu, yaitu belum punya not book atau laptop yang os nya w 8!hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahahahaha,,, gak papa pak.

      Hapus
  2. Bagaimana cara kerjanya?

    Saat dimatikan, Windows 8 menggunakan metode Hybrid Shutdown (hibernate parsial) yang akan menyimpan driver dan kernel session (informasi sistem) di file yang bernama hiberfil.sys. Ketika kamu menyalakan PC lagi, maka Windows 8 menggunakan informasi tersebut untuk melanjutkan sistem yang sebelumnya telah berjalan.

    Hal ini akan membuat proses startup menjadi 30% – 70% lebih cepat karena membaca informasi sistem di hiberfile memang jauh lebih cepat daripada melakukan booting dari awal.

    Kalau motherboard kamu dilengkapi dengan UEFI, proses startup bahkan akan jauh lebih cepat lagi.


    Apakah Fast Startup = Hibernate?

    Tidak. Fast Startup tidaklah sama dengan hibernate. Dia hanya merupakan hibernate parsial yang menyimpan sebagian saja dari informasi sistem. Yang disimpan hanyalan driver dan session kernel, tidak lebih. Hal itulah juga yang membuat file hiberfil.sys berukuran jauh lebih kecil daripada file hibernate yang kadangkala bisa berukuran lebih dari 4gb.


    Apakah aman menggunakan Fast Startup?

    Sangat aman. Ini adalah fitur yang digunakan Microsoft untuk membuat informasi sistem tersimpan saat PC dimatikan, dan menggunakan informasi tersebut saat komputer dinyalakan. Fast Startup aman digunakan walaupun dalam jangka waktu lama. Fast Startup tidak akan merusak komputer, data, software, atau komponen apapun. Karena itu jugalah fitur ini aktif secara default di Windows 8.


    Permasalahan seputar Fast Startup?

    Ada beberapa pengguna yang mengalami restart saat sign in screen tampil, dan beberapa mengalami hang ketika melakukan restart atau shutdown. Hal ini seringkali dialami oleh pengguna yang melakukan dual boot Windows 8 dengan versi Windows sebelumnya (misal: Windows XP, 7, Vista), walaupun ada juga pengguna lain yang mengalaminya walaupun tidak melakukan dual boot.

    Jika kamu mengalami permasalahan ini, matikan saja fitur Fast Startup di Windows 8 kamu. Jika tidak mengalami permasalahan apapun, sebaiknya tetap biarkan fitur ini aktif.

    BalasHapus
  3. Hah, Fast Startup berbahaya? Ga juga sih kayanya
    Terus kalo batre laptop dilepas bagaimana? Kalo kabel daya PC dicabut bagaimana? Kayanya ga akan apa2 deh
    Hibernate/Fast Startup beda loh dengan "sleep". Jelas, kalo dalam keadaan sleep tiba2 sumberdaya hilang maka akan menyebabkab "force shutdown" yang mengakibatkan kerusakan HDD (IMHO yaa) karena dalam keadaan sleep komputer sebenarnya masih "nyala" beda dengan Hibernate/Fast Startup yang keadaan komputernya sudah dalam keadaan "mati", jadi komputer dalam keadaan Hibernate/Fast Startup tidak membutuhkan sumberdaya apapun (aman ko kalo batrenya dilepas, dll)
    Dan terakhir, Hibernate BEDA dengan Fast Startup

    BalasHapus